Tuesday, December 18, 2007

Top 10 Lagu Indonesia 2007



Seperti tahun kemarin, gue coba sedikit melakukan review tentang lagu2 yang sempat menghebohkan tanah air selama tahun 2007. Namun, sebagai catatan, gue tidak masukkan genre dangdut pada review ini. Kenapa? Karena kasus Uut yang menjiplak lagu Ketahuan milik Matta tanpa ijin membuat gue jadi tidak respek pada genre lagu tersebut. So let’s kick dangdut form this list.

10. KISAH YANG SEMPURNA – SAMSON
Sekali lagi Samson membawakan lagu-lagu bertipikal sendu sebagai hit singlenya. Namun, lagu andalannya kali masih kurang menggebrak dibandingkan lagu-lagunya di album pertama. Tapi olah musiknya yang sederhana, membuat lagu ini masih diterima baik oleh penikmat musik Indonesia.



9. BERSAMA BINTANG – DRIVE
Grup baru ini langsung menghentak penikmat musik di Indonesia. Dengan format lagu dan bahasa yang sederhana, Drive dapat mengantarkan hit single Bersama Bintang ke tangga atas lagu-lagu Indonesia. Selain itu, salah satu sinetron di televisi swasta yang menggunakan lagu ini sebagai soundtrack, membuat popularitas lagu ini terdongkrak.

8. MENGHAPUS JEJAKMU – PETERPAN
Ciri utama peterpan pasca dipecatnya Uki dan kibordis yang lama memang tidak hilang begitu saja. Namun, kehilangan dua personil tersebut menyebabkan greget peterpan di mata penggemarnya lumayan berkurang. Gue suka banget pada video klip lagu ini. Menurut gue video klip tersebut bener2 menggambarkan sosok mantan kekasih yang selalu mengikuti setiap langkah kita dan butuh effort yang cukup besar untuk mengahpus jejaknya.

7. SEPANJANG USIA – KERISPATIH
Eksperimen untuk tampil lebih nge-beat, ternyata dapat diterima oleh penggemar kerispatih. Lagu Sepanjang Usia terbukti sukses untuk dijadikan lagu andalan untuk album kerispatih yang dirilis tahun 2007. Selain itu, grup satu ini jadi kebanjiran order manggung pada tahun ini.

6. SEMPURNA – ANDRA & THE BACKBONE
Sejenak keluar dari patron Dewa 19, Andra sukses mengusung album yang baru. Sayatan melodi yang lumayan rumit pada lagu ini serta kekuatan lirik yang mengagungkan sosok seorang wanita, membuat lagu ini sangat diterima di kalangan wanita. Setelah Ada Band lewat lagu Karena Wanita Ingin Di Mengerti, kali ini lagu Sempurna yang sama2 mengagungkan kaum hawa mendapat apresiasi sangat baik dari masyarakat.

5. SLOWDOWN BABY – SHE
Grup musik yang semuanya dipunggawai oleh kaum hawa ini kembali menggebrak belantika musik Indonesia. Lewat lagu yang sedikit berbau Inggris, She tampil sukses pada album keduanya. Sekali lagi lirik yang easy listening sangat diterima oleh masyarakat Indonesia.

4. SUNNY (CINTA PERTAMA) – BUNGA CITRA LESTARI
Debut BCL langsung menggebrak lewat lagu pop dengan lirik yang sederhana. Meskipun kesannya liriknya diulang2 dan terkesan biasa, tapi ternyata telinga masyarakat Indonesia merespon dengan baik lagu tersebut. Mungkin emang ada kalanya era lagu cengeng diterima kembali di telinga masyarakat kita.

3.MUNAJAT CINTA – THE ROCK
Sekali lagi Ahmad Dhani melakukan eksperimen. Setelah mengorbitkan nama Dewi Dewi, Ahmad Dhani menggaet grup musik luar The Rock dengan menelurkan lagu andalan Munajat Cinta. Namun, meski jauh2 menggaet musisi Australia, tetap aja warna musiknya masih Dewa banget. Keliat banget pada ritme drum yang dimainkan mirip2 dengan gebukan Tyo Nugross. Lagu ini cocok banget sebagai OST Orang Jomblo karena lirik2nya yang sudah ngarepin banget dapat pacar.

2. 11 JANUARI – GIGI
Gigi berusaha meraih kembali animo pecinta musik Indonesia pada album Peace, Love and Respect ini. Salah satunya adalah dengan membuat lagu yang semi akustik dan berlirik melankolis. 11 Januari menjadi satu lagu andalan yang membuat kita akan terbuai pada lantunan lirik dan melodinya. Terbukti selama beberapa minggu lagu ini meduduki puncak tangga lagu di tanah air serta most request pada Nada Sambung Pribadi Telkomsel.

1. KETAHUAN – MATTA
Lagu ini liriknya sederhana banget, tapi karena liriknya yang easy listening membuat lagu ini cepat diterima di masyarakat. Saking boomingnya lagu ini, hampir di setiap live music, pengamen2 dan acara2 resepsi pernikahan lagu Ketahuan dinyanyikan.

2 comments:

  1. https://afara.my.id/rekomendasi-gitar-akustik-ukuran-3-4-murah-original/

    ReplyDelete
  2. Feed back https://afara.my.id/rekomendasi-gitar-akustik-ukuran-3-4-murah-original/

    ReplyDelete