Saturday, November 15, 2008

Hantu Penghisap Duit

Setiap orang pasti punya hal2 tertentu yang dapat menghisap duit yang dimilikinya tanpa dia sadari atau kendalikan. Sebagian besar harntu penghisap duti itu bersumber pada hobi. Nah, dengan urutan terbalik gw coba bikin hantu penghisap duit di kehidupan gw akhir2 ini :

5. CD, VCD (Compact Disc lho bukan CD yang jawanya sempak/cawet), DVD dan Kaset



Sebagai seorang yang cacat nada namun senantiasa menyukai dunia tarik ulur suara, gw suka ga bisa menghandle pengeluaran untuk barang yang berkaitan dengan CD dan kaset lagu. Yang jelas kalo Kla Project ngeluarin album lagi, gw pasti akan hajar CD/kasetnya at any cost pada kesempatan pertama (ini kalimat yg lumayan sering muncul di memorandum BI, padahal Tangga sudah menyatakan ada kesempatan kedua dan di monopoli ga ada kesempatan dana umum pun jadi). Seiring waktu duit gw juga terhisap dengan yang namanya VCD atau DVD pilem2 Indonesia (yah Jepang dikit2 lah, kan murah dan ga ada ORI-nya hehe). Trus CD musik yang gw kumpulin juga sempat melebar ke Padi, Dream Theatre, Java Jive dan malah El Pamas.



4. Badminton Merchandise


Hobi ini mulai gw tekunin sejak SD, tapi mengingat gw cuma tinggal di kota kecil bernama Probolinggo (7º 43’ 41” sampai dengan 7º 49’ 04” Lintang Selatan dan 113º 10’ sampai dengan 113º 15’ Bujur Timur) yang notabene minim lapangan bulutangkis, akhirnya gw sering maen di depan rumah dengan catatan tidak ada angin gending (ni angin selain jadi hama bagi mangga juga bagi atlit bulutangkis lokal). Hasrat maen di lapangan indoor pun tersalurkan waktu kuliah dengan ikut mata kuliah olahraga bulutangkis dan setelah itu iuran sewa lapangan Cisitu bareng temen2. Waktu di Telkom gw bebas free sewa lapangan karena ditanggung Telkom. Nah, pas di BI harus bayar swadaya lagi karena ga ada alokasi lapangan. Sejak di BI lah gw mulai addicted ama produk keluaran Yonex. Baju udah ada 4 yang gw beli (dan akan bertambah), celana 2 dan raket ada 3 yang andalan : Muscle Power 200, Carbonex Tour SP 9 dan senjata pamungkas gw Nanospeed 9000 (mungkin nanti akan bertambah dengan adanya Arc Saber 10, haha). Dari sekian item, raket lah yang nyedot banyak duit gw, terutama si jagoan Nanospeed itu.



3. Buku


Hah, ini hantu penghabis duit nomor 3 namun secara periodik paling sering menghisap kantong gw. Begitu denger ada pameran buku, gw bakal langsung nguber tuh lokasi. Parahnya gue bisa borong buku banyak (padahal ke depannya cuma pingin beli doang dan masih tersimpan rapi dalam plastik). Terakhir gue borong buku di pameran buku di Istora awal Juli lalu. Gw sukses belanja : Kisah Seribu Satu Malam 1-4, Cerita tentang Filosof 1-2, Spiderwick lengkap hehe, Nusantara dan Ulyses Moore sekali lagi hehe. Next Destination Book Fair 28 : Heritage of Minang di JCC...






2. Perangko

Setelah krisis finansial selama kuliah yang bahkan diikuti dengan program diet kepaksa dengan cara makan cuma 2 x sehari (teratur lho, setelah kerja jadi gak teratur bisa 3,4 atau 5x sehari, hehe), gue bertekad untuk menjadi seorang filatelis sejati lagi. Jadilah kalo Sabtu gw rutin ke kantor pos pasar baru guna berburu perangko. Target awal adalah perangko terbitan 2008 dan 2007 dulu. Tapi begitu nyampe sana, perangko 2000-2006 asal ada yang lengkap atau sampul hari pertama, gw lahap juga. Untuk benda satu ini, duit gw paling banyak terhisap saat Pameran Perangko yang diadakan di JITEC bulan lalu. Soalnya gw tertarik beli koleksi lengkap perangko terbitan 96, perangko dari stand2 pesertanya (ada negara persemakmuran Inggris lengkap, solomon, malaysia, korsel, uruguay, argentina, venezuela dll) trus perangko ons-onsan negara Jepang.




1. Kartu Remi



Koleksi kartu remi adalah hobi yang gw anggap sebagai ciri pribadi gw karena jarang orang yang berhobi macam ini. Alhamdulillah gw dianugerahi insting yang tajam untuk mengetahui tempat mana yang jual kartu remi seri yang belum gw punya. Sebagai contoh, gw tiba2 ngebet ke Ace Hardware Rawamangun entah kenapa, eh ternyata setelah di sana gw dapat 7 seri baru. Contoh laen, saat abis sholat di deket bandara Ngurah Rai Bali, gw jalan ke warung kecil dan tanya soal kartu remi. Alhasil gw dapat LA Angels baru. Begitu juga insting gw yang mengatakan bahwa ada bapak2 di Pasar Kreneng - Bali yang menjual remi buat anak2 (remi ukuran kecil). Jumlah koleksi remi gw sekarang ada sekitar 225 buah dan ada beberapa yang dibelikan temen dari Singapura, Jepang, Hongkong, Italia dan US. Gw juga memperoleh remi ala Belanda atau rusia kali ya, yang jelas King, Queen dan Jacknya tidak diakronimkan dengan K, Q dan J. Yang sedang gw ilerin adalah remi dari plastik batangan, jadi 1 batang plastik melambangkan 1 angka remi (seperti domino yang terbuat dari plastik). Nah konon setahue gw, remi ini adanya hanya di Genting Highland dan harganya kalo ga salah MYR 300 (mahal juga yak...)





2 comments:

  1. Saya punya kartu remi jadoel masih segel, souvenir china airlands, dan beberapa yg lain. Klo minat add pin bb saya di 74242e01. Thks

    ReplyDelete