Monday, January 01, 2007

Harusnya Bisa Hit di 2006

Met tahun baru 2007. Sorry, gue lama gak posting karena musibah gempa di Taiwan yang berakibat lembeknya konesi internet. Kali ini gue mau mengulas jagad lagu di Indonesia lagi.

Ada artis yang sukses di 2006, namun ada juga yang keok tahun ini. Setelah gue nge-review top ten lagu2 yang sukses di tahun 2006, gue kali ini mau ngulas artis2 yang gagal di tahun 2006.


1. /Rif
Album Pil Malu ini tidak begitu sukses di pasaran. Tapi lagu andalannya, So'nya sempat merajai hit selama beberapa pekan. Mungkin /Rif kualat ama bang Rhoma. Abis di lagu So'nya, mereka secara eksplisit mengejek si 'Satria Bergitar itu. Tapi dibalik semua itu, aksi sang vokalis, Andi, tetap sangat energik dan menghibur.

2. Java Jive
Setelah lama menghilang pasca Album The Best-nya, Java Jive muncul lagi. Kali mengeluarkan lagu baru andalan 'Cantik Tapi Menyakitkan'. Cuman kok sekali lagi mereka munculin album the best lagi ya? Naga2 nya grup ini mulai kehilangan ide lagi dalam bermusik. Atau mungkin karena para personilnya udah mulai 'menyubur' badannya jadi supply ide ke otak agak tersumbat.

3. Krisdayanti dan Anang
Sukses di album duet di masa lalu, ternyata tidak berimbas pada album Sepuluh Tahun Pertama. Mungkin Anang undah kelamaan gak nyanyi ya. jadi sense of music-nya jauh berkurang. Sementara KD terlalu banya dikomersialisasi, jadi waktunya sudah banyak tersita dan persiapan pembuatan albumnya jadi kurang sempurna.

4. Sheilla On 7 - Pemenang
Haduh2, Sheilla lama2 hanya tinggal Kisah Klasik untuk Masa Depan. Sekali lagi mereka gagal menaklukkan animo masyarakat Indonesia. Padahal gak tanggung2, mereka disuruh mengisi lagu resmi World Cup 2006. Tapi lagu yang berjudul Pemenang cuma akrab di telinga masyarakat Indonesia sampai pemenang World Cup 2006, Italia, mengangkat piala saja. Kehilangan Sakti, tampaknya semakin menambah keterpurukan grup asal Jogja ini.

5. Dewa 19
Balik ke nama asal Dewa 19, ternyata tidak membalikkan popularitas album Republik Cinta. Ya iya lah, dewa yang dulu beraliran slow rock waktu masih ada Ari Lasso sekarang berbalik jadi murni Rock dan kearab-araban. Telinga orang Indonesia gak nyampai mendengarkan tipe lagu begituan. Tapi dasar Dhani gak kurang akal. Album Dewa gak meledak, dia tetap aja jadi omongan publik. Dengan lantangnya, dia serukan akan membubarkan Ratu di tahun 2007. Udah gitu manager Ratu di-PHK secara sepihak. Aduh, mungkin dia lagi kena Post Power Syndrome. Udah gitu di penghujung 2006, Andra, si anak emas malah mengeluarkan album dengan bendera Andra & The Backbone. Beranikah Dhani memecat Andra? Kalo dia sampai mecat Andra, mending rekrut aja Eros biar Dewa 19 balik ke era slow lagi.

6. Radja
Kesuksesan album pertama yang melahirkan hit Jujur, Bulan dan Manusia Biasa ternyata tidak dibarengi dengan 2 album Radja berikutnya. Album 'Aku Ada Karena Kau Ada' keok di pasaran. Makanya kalau bermusik itu yang kreatif, jangan itu2 doang. Trus lepas tuh kacamata hitamnya, biar lebih orisinal. Albumnya juga harus diganti dengan judul yang agak menjual, seperti 'Aku Ada karena Kau, Radja'. Album 1000 bulan juga keok di pasaran. Habis Radja ngikut2 doang sih. Liat Ungu dan Gigi sukses dengan album religi, mereka ikutan. Ya, abis lah. Udah gitu ngeluarinnya menjelang Idul Fitri. Momennya udah mulai ilang tuh..

7. Maria Eva
Puncak dari segala puncak artis/album yang harusnya bisa hit adalah Maria Eva! Namun, album hanya tinggal kenangan saja.
Harusnya dia bisa mencetak platinum album
Harusnya dia bisa manggung di mana2
Harusnya dia bisa dapat bonus berlimpah
Harusnya dia bisa sukses di jalur politik dan tarik suara
Harusnya kita mampu lewati itu semua... (lagu Gerimis - KLa Project yang seharusnya dinyanyikan berduet dengan YZ).
Yah semua hanya tinggal harusnya. Album tak kunjung muncul karena duit tak kunjung digelontorkan oleh penyandang dana (gue sih gak tahu siapa yang mensponsorinya). Maria Eva akhirnya menempuh jalur lain yaitu menjadi aktris film kategori short movie. Siapa tahu kategori ini ada di FFI tahun 2007 mendatang.

Dengan ini, gue nobatkan Maria Eva sebagai penyanyi yang harusnya bisa hit di tahun 2007 di posisi puncak!!!

No comments:

Post a Comment