Tuesday, January 05, 2010

10 Lagu Terheboh 2009

2009 telah berlalu dan seperti biasa, gw yang suka lagu Indonesia tapi buta musik ini, mecoba untuk menelaah (ciehh) 10 besar lagu non dangdut yang paling bombastis di negeri ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, 2009 diwarnai dengan grup band baru tapi sayangnya metode latah menerapkan aliran lagu melayu mewarnai parade lagu tahun 2009. Tahun ini juga diwarnai oleh munculnya artis2 baru hasil binaan Republik Cinta Management seperti The Virgin, Mahadewi dan Lucky Laki. Tapi hegemoni artis2 baru hasil binaan Republik Cinta Management memang bagus tapi kurang mampu diterima kuping Indonesia yang masih berselera sederhana. Akhirnya, daftar 10 lagu terheboh di Indonesia 2009 sebagai berikut :



10. Hampa Hatiku - Ungu
Dalam album terbaru ini, ungu coba sedikit berubah pattern dengan menampilkan lagu yang agak menonjol nuansa rock-nya. Selain itu lagu yang bernuansa rock ini coba diblaster dengan selera dangdut dengan menghardirkan suara Iis Dahlia pada pertengahan liriknya. Alhasil, Ungu yang biasanya diterima luas oleh publik, pada lagu Hampa Hatiku ini masyarakat agak berkurang animonya. Meski begitu, lagu ini tetap merupakan lagu terheboh di 2009 di tengah kehebohan isu rumah tangga Pasha sang vokalis.

9. Masih Cinta - Kotak
Pergantian personel Kotak pada album 2 ini membawa berkah bagi grup jebolan Dream Band 2004 ini. Di posisi vokal, Pare yang suaranya ngerock abis diganti oleh Tantri yang bernuansa lebih balad dan eksotis dan di sektor bass, posisi icess diganti dengan si cantik Chua yang justru malah digandrungi oleh banyak kaum Adam. Album pertama yang diwarnai oleh nuansa dark rock berubah total pada album 2 yang diselingi beberapa lagu berirama balad dengan diselingi petikan gitar nan rumit. Lagu Masih Cinta yang tidak begitu nge-rock ternyata mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Karakter kuat Tantri pada saat lagu tidak terlalu berisik dengan irama musik membuat lagu ini sangat diterima oleh masyarakat Indonesia.

8. Ular Berbisa - Hello
Lagu ini sebenarnya cukup biasa, namun liriknya yang riang dibalik isi lagu uang kelam membuat lagu ini sempat mendominasi papan atas radio2 Indonesia plus masuk hitlist pilihan lagu karaoke. Lagu ini mengisahkan seorang cowok mencintai ceweknya tapi malang nasibnya karena sang ceweknya ternyata cukup lihai menipu hingga diibaratkan bagai ular berbisa.


7. Cinta Terlarang - The Virgin
Ahmad Dhani kembali bereksperimen dengan menghadirkan satu grup baru dengan nama yang mengundang pertanyaan yaitu The Virgin. Formasinya hanya diisi oleh 2 cewek yang bersilang perangai yaitu Dara yang lembut pada vokalis dan Mitha yang sangar pada posisi gitar. Tapi dibalik kegarangan Mita, justru lagu Cinta Terlarang bernuansa mellow yang menceritakan kegagalan cinta karena sekali satu kata bernama mencintai pasangan kita itu dilarang, meski dalam lagu ini tidak dijelaskan penyebabnya.

6. Cari Jodoh - Wali Band
Lagu yang berisi tentang keputusasaan seorang cowok dalam meraih pilihan hatinya ini, digarap dengan balutan lagu semi melayu yang riang gembira. Penghayatan sang vokalis yang begitu syahdu dan menghayati kesedihan lagu ini mendorong popularitas lagu ini semakin terdongkra. Walhasil, Wali Band sukses membawakan lagu segar di belantika musik Indonesia pada tahun 2009.


5. Suara - Hijau Daun
Derasnya Melayunisasi lagu Indonesia membuat grup2 baru beraliran Melayu mulai
menjamur di negeri ini. Satu diantaranya yang sukses menancapkan single
adalah Hijau Daun dengan lagu andalan Suara. Semua lirik lagu ini isinya sedih mulu dan bahkan mengundang air mata semua. namun dibalik kesedihan dan menyek-menyeknya lagu ini, masyarkat luas menerima kehadiran lagu inid an bahkan Luna Maya menyanyikan ulang lagu ini.
4. Nuansa Bening - Vidi Aldiano
Bermaksud melanjutkan sukses sinle lawas yang dibawakan oleh Gank Pegangsaan dengan awak Keenan Nasution, Vidi Aldiano berusaha untuk membawakan lagu ini dengan kompleksitas suara yang lebih susah. Untuk memodernisasi lagu ini, Vidi juga menambahkan sesi rap pada awal dan akhir lagu. Namun jika melihat musik pengiringnya, versi baru lagu ini masih kurang kaya dibandingkan versi aslinya.

3. Saat Terakhir - ST12
Mengulang sukses di album sebelumnya, ST12 kembali mengajukan konsep melayu kental pada lagu saat terakhir ini. Rima berulang "kamu-kamu-kamu" menjadi ikon tersendiri untuk memudahkan anak kecil mengingat warna lagu ini. Selain itu, sekali lagi ST12 menghadirkan lagu yang dari awal ampe akhir isinya air mata terus dan bahkan kesedihannya memuncak karena pada lagu ini diceritakan kasih terputus karena ditinggal mati pasangan.

2. Lupa-Lupa Ingat - Kuburan
Tampang sangar ala Kiss dan ga pernah buka penutup wajah ternyata bukan berarti Kuburan menghadirkan konsep musik yang heavy rock. Sebaliknya Kuburan justru menghadirkan musik yang bernada jenaka plus hiburan teatrikal dari personel inti non vokalis-non instrumental. Lagu ini intinya berputar-putar mengenai seseorang yang gak ingat terhadap lagu karangannya tetapi yang bisa diingat hanya kord-nya. Bahkan lirik yang menyatakan kord yang diingat tersebut, disengaja persis dengan kord lagunya yang riang gembira.

1. Tak Gendong - Mbah Surip
Akhirnya, lagu yang bener2 heboh di 2009 menurut gw jatuh pada lagu Tak Gendong. Lagu yang sangat sederhana dan ber-genre regae ini, sering sekali dinyanyikan oleh masyarakat dalam segala kalangan. Lagu ini sebenarnya sudah dikarang pada masa lalu, namun Mbah Surip baru mempopulerkan kembali pada 2009 pada saat masyarakat kita suka menerima lagu dengan lirik sederhana. Sayangnya, sang penyanyi tidak dapat lama menenggak kesuksesan karena dengan cepat Mbah Surip dipanggil yang kuasa.

2 comments:

  1. separuh jiwaku pergi kok gak ada bro?.. gue rasa itu juga fenomenal lah yau.. :p

    ReplyDelete
  2. Benar, separuh jiwaku pergi memang fenomenal. Tapi sayangnya dia muncul di akhir 2009 sehingga kita tidak dapat menguji seberapa lama lagu itu fenomenal. Bisa aja dia tetep fenomenal tahun 2010 tapi kan udah gak masuh penilaian di 2009 :P

    ReplyDelete